Print Friendly and PDF


Postingan daftar situs web alat AI berdasarkan kategori:


Teknologi Ai kini berkembang pesat hampir di semua bidang. Banyak sekali manfaat yang memudahkan anda dalam membuat atau mengerjakan sesuatu. Manfaatkan teknologi Ai dengan bijak.


Kamis, 08 Oktober 2020

Seberapa Penting Edit Foto Bagi Kamu?

Halo sahabat Cregit Indonesia. Artikel kali ini akan membahas tentang fotografi. Mungkin sudah banyak yang mengangkat topik artikel tentang fotografi. Nah, saya mencoba membuat artikel fotografi dengan tema yang berbeda. Sebelum saya merangkai artikel ini, sebelumnya saya sudah membuat survei singkat dan membagikannya kebanyak grup Whatsapp. Adapun tujuan dari dilakukannya survei ini adalah untuk mengetahui preferensi orang-orang tentang penggunaan aplikasi edit foto dan gambaran keberlangsungan aplikasi edit foto yang banyak tersedia di Playstore.

Dijaman teknologi canggih sekarang ini, banyak sekali brand smartphone yang berlomba lomba meraih perhatian konsumen melalui fitur kamera. Dengan harga $140, kamu sudah bisa memiliki smartphone yang memiliki fasilitas 4 fitur kamera berpixel 48 mp! Hal ini merupakan kabar gembira buat konsumen yang hobi foto menggunakan kamera smartphone. Tak lupa, brand smartphone tersebut melengkapi fitur edit foto. Sebenarnya, tanpa menggunakan aplikasi edit foto, foto yang dihasilkan oleh kamera smartphone tersebut sudah cukup. Saya yang menggunakan kamera smartphone Xiaomi Redmi Note 8 merasa bahwa kamera dan fitur editing foto pada smartphone ini cukup memadai untuk menghasilkan foto-foto yang keren.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi edit foto baik di Playstore maupun App Store. membantu orang-orang untuk menghasilkan karya yang cukup bagus dan menarik. Bahkan foto yang tadinya kurang menarik, dengan sedikit sentuhan fitur aplikasi edit foto, hasilnya jadi menarik dan bisa membuat orang tidak percaya bahwa foto itu menggunakan bantuan aplikasi edit foto, bukan foto orisinil. Menarik sekali mengetahui pendapat orang-orang tentang aplikasi editing foto, oleh karena itu untuk menambah preferensi saya dalam tulisan ini, saya melakukan survey dengan membuat angket seputar preferensi orang-orang tentang editing foto.

Dari 25 orang yang sudah berkenan mengisi survei, ternyata hasilnya seperti yang sudah saya perkirakan. Dari link ini, kalian bisa melihat secara jelas data survey. Ada 68% pria yang menjawab survey, sisanya wanita. Usia pengisi survey mulai 18 tahun sampai 60 tahun. Sekitar 80% menggunakan smartphone untuk mengambil gambar, sisanya DSLR dan mirrorless camera. Sebanyak 92% menjawab saat ini memasang aplikasi edit foto di smartphone/gadget mereka!☺Yang mana ini tidak mengejutkan saya, karena adalah hal biasa untuk saat ini orang-orang memasang aplikasi di smartphone mereka karena mereka berpikir fitur kamera di smartphone ataupun gadget belum cukup untuk menghasilkan karya foto yang menarik. Hmm...

Semakin dalam menggali jawaban dari survey ini, semakin menarik melihat jawaban mereka. Sepertinya apakah mereka tidak percaya diri dengan kemampuan mereka mengambil gambar? Ataukah mereka sekedar memasang agar tidak dikatakan kurang update? Silahkan teman-teman menilai sendiri melalui link di atas.

PicsArt, Adobe Lightroom, Canva, Snapseed, dan Photo Grid adalah 5 teratas aplikasi edit foto yang dipergunakan oleh mereka.Tidak mengherankan, karena ke 5 aplikasi tersebut sangat mudah penggunaannya, dan memberi hasil akhir yang menarik. Saya sendiri memasang dan menggunakan aplikasi tersebut saat ini. Bagi saya ke 5 aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Walaupun saya sendiri ingin ada aplikasi yang memiliki 5 keunggulan dalam 1 aplikasi. Mungkinkah ada? Saya rasa itu sulit untuk diciptakan. Karena pastinya masing-masing aplikasi tersebut akan berusaha untuk meningkatkan fitur-fiturnya dan atau meniru fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi sejenis.

Canva dan Snapseed menjadi aplikasi edit foto yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. Sebanyak 11 orang tidak menjawab pada pertanyaan "nama aplikasi edit foto yang tidak memenuhi kebutuhan". Saya mengira mungkin mereka belum menggunakan semua fitur-fitur yang tersedia di aplikasi edit foto  tersebut ataupun mereka jarang sekali menggunakan aplikasi tersebut. Atau bisa jadi karena alasan lain. 95% setuju bahwa aplikasi edit foto yang mereka pasang dan pergunakan telah memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan ekspetasi mereka.

Untuk 2  pertanyaan terakhir, saya memberi pertanyaan "Apakah Anda bisa mengetahui jika sebuah foto telah melalui proses edit foto menggunakan aplikasi tertentu? 72% menjawab : Ya. Alasan yang dikemukan sangat masuk akal dan sepertinya berdasarkan pengalaman mereka sendiri. Di pertanyaan terakhir, apakah di masa mendatang mereka akan tetap mempergunakan aplikasi yang saat ini mereka gunakan, 100% sepakat menjawab Ya.

Bagi saya sendiri, wajar saja menggunakan aplikasi edit foto untuk suatu kebutuhan tertentu. Tetapi yang perlu digarisbawahi disini adalah editing pada foto tidak membuat foto tersebut menjadi aneh, kehilangan orisinalitasnya dan tetap bisa dinikmati sebagaimana karya tanpa melalui proses edit. Yang mengejutkan adalah, bahwa ada beberapa fotografer kawakan yang menggunakan banyak editing sana sini pada hasil karyanya.

Saya mengambil kesempatan untuk berbincang secara live dengan Anik Setyawati, seorang Mobile Photographer dari Yogyakarta yang bersedia membagi pengalaman tentang fotografi menggunakan kamera smartphone dan aplikasi edit foto. Beliau memanfaatkan kamera smartphonenya untuk menghasilkan gambar-gambar yang cukup menarik dan mengagumkan, dengan/tanpa bantuan aplikasi edit foto. Anda bisa melihat hasil karya beliau lewat postingan Instagramnya disini.


Apapun jenis kamera, atau aplikasi edit foto yang Anda gunakan, kali ini saya sepakat dengan pernyataan Mba Anik yaitu ada 3 hal yang harus diperhatikan oleh fotografer baik pemula maupun berpengalaman. 3 hal tersebut adalah passion, timing, fokus untuk membantu Anda menghasilkan karya foto yang menakjubkan. Sering-seringlah mempraktekkan 3 hal tersebut dalam mengambil foto. Kalau masih kurang jelas, gunakan tutorial-tutorial yang banyak tersedia di YouTube yang membahas tentang 3 hal tersebut.

Ini dulu dari saya saat ini, semoga kamu bisa mengembangkan kemampuan fotografi kamu lebih baik lagi. Sampai bertemu di artikel berikutnya!


2 komentar:

  1. Artikel yang sangat keren sekali,semoga bisa menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mba, ditunggu saran dan masukan dari mba untuk pengembangan website ini.

      Hapus