Print Friendly and PDF


Postingan daftar situs web alat AI berdasarkan kategori:


Teknologi Ai kini berkembang pesat hampir di semua bidang. Banyak sekali manfaat yang memudahkan anda dalam membuat atau mengerjakan sesuatu. Manfaatkan teknologi Ai dengan bijak.


Selasa, 09 Juni 2020

Crowdsource by Google : Kontribusi bagi Pengembangan Machine Learning

Sekilas tentang Crowdsource

Berbicara tentang aplikasi Google, pastinya Gmail, Calendar, Playstore, dan lain-lainnya kalian sudah tau dan menggunakannya bukan? Bagaimana dengan Crowdsource? Mungkin diantara kalian ada yang baru kali ini mendengar nama aplikasi ini. Yup, aplikasi ini masih gres dan baru saja berulang tahun yang ke 4 ditanggal 2 Agustus 2020 kemarin. Merujuk pada data yang bersumber dari Wikipedia, Crowdsource atau Crowdsource by Google adalah platform dikembangkan oleh Google untuk meningkatkan layanan Google melalui pelatihan yang dilakukan pengguna dengan algoritma yang berbeda.

Crowdsource pertama kali dirilis untuk Android di Google Playstore tanggal 29 Agustus 2016, saat ini sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna. Saat ini pengguna IoS masih harus bersabar agar bisa menggunakan layanan Crowdsource ini, namun tetap bisa diakses lewat web. Lantas seperti apakah Crowdsource itu? Apa kelebihan dan kekurangannya? Apa manfaat yang pengguna dapatkan dari Crowdsource ini? Cregit akan mengulas semuanya disini.

Tujuan Crowdsource

Sesuai dengan tujuannya, Crowdsource diciptakan untuk membantu membuat produk Google menjadi lebih baik memahami bahasa, budaya, dan wilayah Anda. Jawaban/kontribusi Anda dan jutaan orang lain di seluruh dunia digunakan pada produk berbasis Machine Learning agar machine learning dapat memberi output yang lebih baik. Hal ini juga berdampak pada Artificial Intelligence atau biasa disingkat AI yang dikembangkan oleh Google menjadi lebih baik dalam memberi layanan produk mereka.

Mengapa kontribusi di Crowdsource itu penting?

Karena kontribusi Anda di Crowdsource akan menyempurnakan produk-produk Google yang sehari-hari kita gunakan, seperti Google Translate, Google Photos, Google Asistant, Google Maps, dan masih banyak lagi. Kontribusi kita di Crowdsource memberi kemampuan AI pada produk Google bekerja lebih baik, lebih cerdas, dalam mempelajari contoh-contoh yang masuk ke dalam Machine Learning Google sehingga mempermudah kita mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang menyenangkan dari produk Google tersebut. Kontribusi kita memberi kebaikan bagi planet ini dan sesama.


Bagaimana berkontribusi di Crowdsource

Untuk bisa berkontribusi di Crowdsource, bagi Anda pengguna Android, bisa mengunduh dari Playstore, sedangkan bagi pengguna IoS, Anda bisa menggunakan versi web, dengan mengetikkan di browser.

 
Tampilan Crowdsource di Playstore bagi pengguna Android
 
Tampilan Crowdsource versi web 

Crowdsource ini dirancang seperti game, baik versi Android maupun versi web, sehingga pengguna kadang tidak sadar telah mengumpulkan ratusan bahkan ribuan poin dari berbagai macam pertanyaan sederhana yang tersedia. Versi Android terdapat 7 kategori task yang bisa dikerjakan sesuai minat dan/atau kemampuan, sedangkan versi web terdapat 6 kategori task.

Setiap 1 pertanyaan yang dikerjakan diberi  1 poin. Pengguna Crowdsource disebut Kontributor. Ada 18 level dan berbagai macam badge bagi Kontributor yang telah menyelesaikan tugas dan mendapat sejumlah poin tertentu.

  

 
 
Untuk melihat pencapaian atau kontribusi yang Anda berikan, Anda bisa menemukannya di menu Achievement dan Leaderboard. Menarik sekali melihat para kontributor berlomba lomba mengejar poin, dan melihat peringkat masing-masing di Leaderboard.
 
Diperlukan ketelitian dalam menjawab pertanyaan tersebut. Artinya, disini Anda bertanggung jawab memberi masukan yang tepat bagi kecerdasan mesin, bukan asal-asalan menjawab demi mengejar poin dan peringkat. Karena kontribusi Anda menentukan kecerdasan dan output AI. Apabila Anda ragu dengan pertanyaan yang diberikan, atau memiliki pertanyaan seputar bagaimana berkontribusi yang benar, Anda bisa melihat menu Help & Feedback. Berbagai pertanyaan umum yang biasa dihadapi Kontributor dijelaskan di menu ini. Anda tetap bisa berkontribusi meski dalam keadaan offline. Atau mengundang orang lain untuk bergabung menjadi Kontributor, melalui menu Settings.


Manfaat yang didapat dengan menjadi Kontributor di Crowdsource
Level dan badge secara otomatis disesuaikan dengan jumlah poin yang didapatkan. Kontributor yang telah mencapai Level 10 berhak mengikuti pertemuan online bersama kontributor-kontributor lain yang juga telah mencapai level 10. Kemudian kontributor yang telah mencapai Level 13, disebut Top Kontributor, akan ditampilkan di halaman Facebook Crowdsource. Ada pin, sticker, pena, notebook, tumbler dan kaos yang diberikan kepada Kontributor dan Influencer yang telah berjasa bagi Crowdsource. Influencer adalah sebutan bagi kontributor yang memperkenalkan Crowdsource kepada masyarakat/komunitas.

Tiap-tiap wilayah, seperti Asia Tenggara atau Afrika memiliki Community Manager yang tugasnya mendampingi, memberi arahan, membimbing Kontributor, maupun Influencer. Tiap-tiap negara ada komunitas Crowdsourcenya. Ada komunitas Kontributor, komunitas Influencer per negara, wilayah maupun global. Selama masa pandemi ini, kegiatan Kontributor maupun Influencer semuanya dilakukan secara online. Melalui pertemuan online ini, sesama Kontributor dan Influencer dari seluruh dunia bisa saling mengenal dan berteman baik, bahkan bekerja sama mengadakan meet up online.

Crowdsource sendiri secara berkala memberi workshop gratis bagi Kontributor maupun Influencer. Kemudian bagi 3 orang Kontributor maupun Influencer yang beruntung dari tiap negara akan diundang Annual Crowdsource Global Summit, yang biaya perjalanan, akomodasi dan makan ditanggung semua oleh Crowdsource. Asyik banget kan?

Nah, ayo gabung menjadi Kontributor di Crowdsource. Dan jadilah Kontributor yang memberi dampak luar biasa positif bagi sesama dan dunia.
 
Aku tunggu komentar dan pertanyaan kamu atas postingan ini yah teman-teman. Postingan ini juga boleh dibagikan. Terimakasih untuk komentar dan saran dari kalian.


 


2 komentar:

  1. wahhh.. thanks penjelasannya.. jadi tau apa itu crowdsource.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, silahkan bergabung menjadi kontributor Crowdsource. Sekarang ini sedang berlangsung kampanye Share Your World. Ayo buruan ikut kampanye nya. Semua kontributor akan dapat hadiah dari tim Crowdsource loh.

      Ini link untuk ikut kampanye Share Your World:

      bit.ly/3Awcm8M

      Ditunggu partisipasi kamu yah. Silahkan tanya tanya tentang Crowdsource lewat bilah Whatsapp yang tersedia disini.

      Hapus