Print Friendly and PDF

Share

Minggu, 07 Juni 2020

Tips Sederhana Untuk Menggapai Mimpi Kamu!

Hai semuanya!

Artikel kali ini rencananya akan terbit pada Minggu ke 2 Juni, namun dikarenakan saya sudah tidak sabar untuk membagikannya kepada kalian. Berhubung ide menulis sedang deras-derasnya, sehingga saya pikir ini saat yang tepat untuk membagikan apa yang saya pikirkan.

Minggu kemarin saya menemukan beberapa inspirasi baru disaat sedang menghabiskan akhir pekan di rumah aja-sesuai anjuran pemerintah ☺. Hal yang saya dapatkan saat itu adalah :

  • Saya semakin mendekatkan diri kepada Tuhan sang Pencipta.
  • Saya  memulai channel Youtube baru.
  • Saya mencapai target penghasilan sesuai yang aku perkirakan.


Hal yang saya dapatkan ini membuatku memikirkan lagi tentang proses yang saya lalui setiap kali saya ingin mencapai suatu tujuan tertentu.

Jujur saja, saya bukanlah orang yang cukup gigih dalam memperjuangkan sesuatu. Juga sering merasa kewalahan dalam melakukan sesuatu, ditambah lagi saya sering mengalami naik turun mood yang berimbas pada seringnya tujuan tersebut tertunda dari waktu yang diharapkan.

Tapi dari kekurangan yang saya miliki, saya belajar untuk memperbaiki kekurangan tersebut dengan melakukan proses yang seperti berikut, yaitu :

  • Menyusun semua tujuan-tujuan/rencana-rencana yang ingin saya capai ke dalam selembar kertas.
  • Menulis langkah-langkah yang harus dilakukan, tahapan-tahapan yang mesti dilalui/dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Menyusun time line yang dibutuhkan untuk melakukan langkah-langkah tersebut, entah seminggu, 2 minggu, sebulan, setahun.
  • Dan kemudian rencana tersebut dipindahkan ke kalender - saya biasanya menggunakan Google Calendar - sesuai tanggal dan waktu yang sudah saya tentukan, sehingga nantinya kalender ini akan mengingatkan saya untuk disiplin melakukan aktifitas sesuai waktu dan tanggal yang sudah ditetapkan.


Kelihatan simple? Memang.
Saya kasih contohnya ya.

Contohnya, saya ingin menjadi seorang content writer paruh waktu yang menghasilkan pendapatan layaknya pekerjaan penuh waktu. Jadi proses yang sebaiknya saya lakukan seperti ini :

Tujuan : Saya ingin menjadi content writer paruh waktu yang menghasilkan sedikitnya Rp 3.000.000,- sebulan.

Langkah yang perlu dilakukan : Saya perlu mengambil kursus content writing, rajin menyimak media sosial, menonton video Youtube, membaca artikel yang berhubungan dengan content writing, belajar membuat content writing, lalu mengajukan lamaran kerja content writing paruh waktu ke beberapa penyedia kerja paruh waktu.

Waktu yang dibutuhkan : selama 6-8 bulan

Bagaimana menyusunnya di kalender :
Minggu 1 setiap pagi dan malam hari di akhir pekan mengikuti kursus content writing.

Minggu 2 setiap pagi dan malam hari di akhir pekan menonton video di Youtube yang berhubungan dengan content writing.

Minggu 3 membaca artikel tentang penulisan content writing setiap pagi dan malam hari di akhir pekan.

Minggu 4 latihan membuat content writing ke media sosial setiap pagi dan sore hari di akhir pekan.


Seperti itu. Lakukan dan ulangi sampai bulan ke 6 atau 8. Hingga di akhir bulan ke 6/8, kamu siap untuk menerima pekerjaan sebagai content writer paruh waktu.


"Mimpi akan menjadi kenyataan disaat kamu memiliki tujuan dengan rencana yang tersusun rapi bersamanya"


Ayo, kejar mimpimu!

0 komentar:

Posting Komentar